Kamis, 13 September 2018

Mengenal Tag HTML, Element dan Atribut


Kunci sukses belajar programmer yaitu, kita harus tahu dan mengenal dengan fungsi serta element-element yang ada di sebuah script. Entah itu html, css, javascript, php, dan lain sebagainya.

Mengenal dan menghafal sebuah element-element pada script menjadi salah satu hal yang paling penting. Sebab, jika Anda tidak tahu dengan script tersebut. Maka, hal ini akan menjadi beban bagi Anda dalam melakukan koding.

Bayangkan saja, jika Anda tidak tahu dan hafal dengan script-script tersebut? Pasti Anda akan dibuat kewalahan sekali saat melakukan koding. Pasalnya, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu fungsi script dan element tersebut di Google.

Agar tidak repot-repot seperti diatas. Maka, Anda wajib untuk mengenal dan memahami fungsi-fungsi script dan element-element tersebut.

Nah, oleh sebab itu. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang html dasar, yaitu Mengenal Tag HTML, Element dan Atribut. Oke, tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja kita ke pembahasa-nya.

Mengenal Tag HTML, Element dan Atribut

Ada tiga macam hal yang akan saya bahas dibawah ini, yaitu tag html, element, serta atribut. Ketiga hal ini merupakan komponen wajib yang harus Anda pahami.

Tag HTML

Untuk memperkenalkan sebuah text pada browser, tentu saja kita membutuhkan yang namanya tag. Baik itu text berupa link, list, maupun paragraf. Untuk format penulisan tag sendiri ada dua, yaitu tag pembuka dan tag penutup. Contohnya seperti berikut:

<tag>Objek yang diisi</tag>

Perbedaan kedua tag tersebut dapat kita lihat dari contoh script diatas. Yang dimana, tag pembuka diawali kurung sudut pembuka, diisi dengan tag, lalu diakhiri dengan kurung sudut penutup. Sedang kan tag penutup, diawali kurung sudut pembuka, backslash, tag yang dimaksud, dan diakhiri dengan kurung sudut penutup.

Adapun jenis-jenis tag yang ada di html, adalah sebagai berikut:

<!-- --> Memberikan sebuah komentar atau keterangan
<!DOCTYPE html> Digunakan untuk Mendefinisikan tipe document
<a> Mendefinisikan sebuah anchor, digunakan untuk menautkan antara 1 document html ke document html yang lain
<b> Membuat text tebal
<p> Membuat paragraf
<h1>  to <h6> Membuat heading
<body> Mendefinisikan body/isi halaman html
<head> Mendefinisikan bagian kepala document html
<title> Mendefinisikan judul halaman
<div> Mendefinisikan halaman
<link> Mendefinisikan hubungan antar document
<script> Mendefinisikan client-side script
<table> Mendefinisikan tabel
<th> Mendefinisikan sel header di dalam sebuah tabel
<td> Mendefinisikan di dalam sebuah tabel
<tr> Membuat baris di dalam sebuah tabel
<ul> Mendefinisikan daftar dalam format bulet
<li> Mendefinisikan list

Element HTML

Element pada html merupakan isi atau objek yang berada di tag. Maksudnya, isi yang berada di tag pembuka dan penutup (termasuk jenis yang sama), contohnya seperti berikut:

<html>
<head>
   <title></title>
<body>
<strong><h3> ------ </h3></strong>
</body>
</head>
</html>

Pada contoh script diatas, h3 h3 merupakan element h3 yang dimana isinya dapat berupa text maupun link link dan tag lainnya.

Atribut HTML

Jika Anda sudah tahu dengan fungsi tag dan element, maka kali ini kita akan bahas tentang atribut. Di dalam sebuah html, atribut biasa digunakan pada tag untuk menambahkan informasi.

Informasi tersebut bisa berupa efek warna warni, tebal, miring, dan lain sebagainya. Atribut sendiri memiliki dua bagian, yaitu nama dan nilai, yang dapat ditulis sebagai name="value". Untuk format penulisannya adalah sebagai berikut:

<html>
<head>
 <title></title>
</head>
<body>
<h2 align="center">
Pengenalalan atribut HTML</h2>
</body>
</html>

Penjelasan dari script diatas adalah sebagai berikut:

  • <h2> adalah tag heading 2
  • align adalah nama dari atribut
  • center adalah nilai dari atribut
  • pengenalan atribut html adalah element dari tag h2

Tag diatas mungkin tidak semuanya membutuhkan atribut di dalamnya. Tapi, jika Anda adalah seorang web programming, maka Anda pasti akan sering menemukan tag yang didalamnya terdapat atribut.

Gimana mhanx? Sampai disini sudah paham dan tahu kan tentang Tag HTML, Element dan Atribut? Jika sudah, selamat hehe

Pada postingan selanjutnya, kita akan lanjutkan kembali tutorial belajar html dasar-nya. Jika ada yang tidak mengerti, silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah postingan ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih. #Respect

Load comments